Wednesday, December 7, 2011

OHP/OHT? Efektifkah?


OHP/OHT? Apa sih OHP/OHT Itu? OHP merupakan sebuah bentuk media yang sangat bermanfaat, apalagi dalam dunia pendidikan, bisa dikatakan media OHP/OHT ini adalah media yang efektif. Akan tetapi bila dikaitkan dengan kenyataan yang ada di zaman modern ini, media tersebut tentu dipertanyakan kefektifannya. Masih efektifkah? Sebelum kita kaji apakah OHP/OHT masih bisa dikatakn efektif atau tidak, mari kita kaji dulu apa itu OHP/OHT...


Pengertian OHP/OHT..

OHP (Overhead Projector) merupakan jenis perangkat keras yang sangat sederhana, terdiri atas sebuah kotak dengan bagian atasnya sebagai landasan yang luas untuk meletakkan transparansi (OHT). Cahaya yang amat terang dari lampu proyektor amat kuat menyorot dari dalam kotak kemudian dibiaskan oleh sebuah lensa khusus, yaitu lensa fresnel, melewati sebuah transparan ukuran 20 x 25 cm yang ditempatkan di atas landasan tersebut. Sebuah sistem pemantul cahaya dari cermin dan lensa, yang di tempatkan di atas kotak landasan, menghasilkan berkas cahaya berbelok 90 derajat. Dengan lampunya yang amat terang dan sistem optiknya yang efisien, menghasilkan banyak sekali cahaya sehingga memungkinkan untuk dipergunakan di ruangan biasa tanpa penggelapan.

Dalam kelompok peralatan proyeksi, OHP/OHT adalah peralatan yang paling sederhana, karena peralatan ini hanya menggunakan sitem lensa (optic) dan elektrik (kipas pendingin dan lampu proyektor). OHP/ OHT berfungsi untuk memproyeksikan atau menyajikan transparansi. Dengan menggunakan proyektor, informasi yang disampaikan dapat diproyeksikan di layar, sehingga informasi berupa tulisan, gambar, bagan akan menjadi lebih besar dan lebih jelas dilihat oleh siswa. Penggunaan media ini menguntungkan karena indera penglihatan dan pendengaran akan sama-sama diaktifkn melaui sebuah media transparansi yang telah disiapkan. Yang dimaksud dengan gambar mati (still picture) adalah berupa gambar, foto, diagram, table, ilustrasi, baik berwarna maupun tidak berwarna. agar gambar tersebut dapat dilihat dan disajikan dengan jelas oleh seluruh siswa di dalam kelas dengan jalan diproyeksikan ke suatu layar (screen)
OHP/OHT pada dasarnya digunakan untuk memproyeksikan transparansi ke arah layar yang jaraknya relative pendek, dengan hasil gambar atau tulisan yang cukup besar. Proyektor ini direncanakan dibuat untuk dan dapat digunakan oleh guru di depan kelas dengan penerangan yang normal, sehingga tetap terjadi komunikasi antra siswa dan guru.

Efktifkah OHP/OHT?

            Nah dari pengertian itu,kita dapat simpulkan apakah menggunakan OHP/OHT itu efektif atau tidak. Sejalan dengan harapan kurikulum dan trend dunia pendidikan di era global, dimana menginginkan agar peserta didik lebih aktif, kreatif, inovatif, dan mampu mengikuti pelajaran dengan antusiasme yang tinggi,maka guru harus mengembangkan proses pembelajaran terbaik dan modern sehingga dapat membekali peserta didik dengan sesuatu berharga dan benar-benar bermanfaat dalam kehidupan.

a.    Tidak terprogram
b.    Keefektifan OHP/OHT pada presentasi adalah ketergantungan menyeluruh pada presenter. OHP tidak dapat memprogram tampilan visual secara mandiri.
c.    Tidak dapat mengajar sendiri
d.   OHP tidak dapat melakaukan pembelajaran sendiri. OHP dirancang untuk kelompok audiens yang besar. Tentunya pelajar secara individu akan dapat melihat pada transparansi dengan memperhatikan dari cahaya, kecuali itu susunan suara tidak terdapat dalam bahagian ini. Material biasanya tidak dapat melakukan pembelajaran sendiri.
e.    Membutuhkan proses produksi.
f.       Hasil cetakan dan material lainnya seperti ilustrasi majalah tidak dapat diproyeksikan langsung, begitu juga dengan hasil shoting kamera. Untuk menggunakan OHP, bahan tersebut harus dibuat terlebih dahulu dalam bentuk transparansi.
g.    Pengaruh kunci dari OHP
h.    Distorsi gambar dapat tersebar luas dengan OHP dengan sistim proyeksi. Proyektor biasanya tergantung dari fasilitas yang ditulis oleh guru dalam transparansi.
            Dari beberapa keterbatasan itu maka sekarang bisa anda simpulkan sendiri efektif atau tidaknya. Pada zaman sekarang ini guru sering kali menggunakan animasi, film, atau video lain yang sangat membantu siswa dalam memahami materi. Sementara itu OHP/OHT dengan segala keterbatasan tidak dapat menampilkan animasi, video dan juga suara. Coba bila kita bandingkan dengan LCD proyektor. Kita dapat menampilkan apapun termasuk suara dari laptop, computer atau lainnya. Dengan ini mungkin bisa lebih efektif bila dibandingkan dengan menggunakan OHP/OHT.
Semoha bermanfaat dan bisa dijadikan renungan apakah anda seharusnya masih menggunakan OHP/OHT atau tidak…

0 komentar:

 
Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.